Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bandung

Pencarian Produk Hukum
Kategori:
Tahun:
Nomor:
Subjek/Tentang:
Status Akhir:
Beranda Berita

JDIH DPRD Kota Bandung Lakukan Konsultasi dan Studi Tiru ke Kemenkumham dan Kemenko Marves

Trina Aghnia/JDIH DPRD Kota Bandung
Tim Pengelola JDIH DPRD Kota Bandung melaksanakan konsultasi mengenai pengelolaan website JDIH ke Badan Pembinaan Hukum Nasional Kemenkumham.*

 

JDIHDPRD - Tim Pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) DPRD Kota Bandung secara marathon melaksanakan konsultasi dan studi tiru pengelolaan JDIH. Konsultasi mengenai “Pengelolaan Website Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) serta Pelaporan e-report JDIHN,” dilakukan ke Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI, Jl. Mayjen Sutoyo No.10, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta. Rabu, (27/4/2022).

“Tujuan kami melakukan konsultasi adalah untuk mengetahui lebih dalam dan mengetahui apa yang masih kurang dan harus kami lakukan dalam pengelolaan JDIH DPRD Kota Bandung. Hal ini tidak terlpas agar keberadaan JDIH DPRD Kota Bandung terasa kemanfaatannya oleh masyarakat,” ujar Sekretaris DPRD Kota Bandung, Salman Fauzi.

Di BPHN, Tim Pengelola JDIH DPRD Kota Bandung diterima Ibu Emalia Suwartika, S.Sos, M.Si., selaku Koordinator Bidang Otomasi Dokumentasi Hukum dan Diden Priya Utama, S.Kom., selaku Subkoordinator Digitalisasi Dokumen Hukum.  Keduanya memaparkan dan menjabarkan materi terkait pengelolaan JDIH yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 8 Tahun 2019 tentang Standar Pengelolaan Dokumen dan Informasi Hukum dan materi mengenai 32 indikator penilaian website JDIH.

“Tim pengelola JDIH DPRD Kota Bandung mendapatkan informasi dan masukan yang bermanfaat bagi pelaksanaan pengelolaan JDIH DPRD Kota Bandung seperti soal pengelolaan dokumen hukum, pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), serta pelaksanaan promosi,” ujar Salman.

Menurut Salman, pihak Sekretariat DPRD Kota Bandung dan Tim Pengelola JDIH DPRD Kota Bandung mengucapkan terima kasih atas penyambutan baik  dari BPHN. “Kami juga merasa beruntung karena bisa mendapatkan pelajaran mengenai pengelolaan JDIH yang tentunya masih banyak kekurangan dari JDIH DPRD Kota Bandung,” ujarnya.

 

Ke Kemenko Marvest

Selain ke BPHN, Tim Pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) DPRD Kota Bandung juga mengunjungi Biro Hukum Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) RI, di Ruang Rapat Phinisi Lt. 5 Biro Hukum Kemenko Marves, Jalan M.H. Thamrin No. 8, Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Rabu, (27/4/2022).

“Maksud dan tujuan Tim melakukan konsultasi ke JDIH Kemenko Marves adalah ingin berdiskusi dan mendapatkan ilmu dari JDIH Kemenko Marves mengingat JDIH Kemenko Marves telah menorehkan  prestasi sebagai JDIH Terbaik I Tingkat Kementerian pada JDIHN Awards 2021. Pada tahun 2020 juga Kemenko Marves meraih peringkat terbaik kelima tingkat Kementerian,” jelas Salman.

Tim pengelola JDIH DPRD Kota Bandung diterima langsung oleh Koordinator Perancang Peraturan Perundang-undangan, Raden Rara Rima Eryani, S.H, S.E, M.Ec.Dev., Sub Koordinator Dokumentasi dan Informasi Hukum, Ryan Pasca Pratama, S.STP., M.AP., Staf Dokumentasi dan Informasi Hukum, Nanda Manarfa Az Zahra dan Nadia Noor Soraya Raharjanti. Selain itu juga diterima secara virtual melalui zoom meeting oleh Kepala Biro Hukum Kemenko Marves, Budi Purwanto, S.H., M.H.

Pada kesempatan itu, Tim Pengelola JDIH DPRD Kota Banduang mendapat pengenalan JDIH Kemenko Marves, meliputi website¸ aplikasi JDIH Marves, fitur-fitur yang terdapat dalam website maupun aplikasi JDIH Marves dan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Tim Pengelola JDIH Marves.

“Inovasi yang dilakukan oleh Tim Pengelola JDIH Kemenko Marves menginspirasi karena mempermudah masyarakat memperoleh informasi mengenai peraturan yang ada. Adanya fitur Lacak Dokumen untuk mengetahui status atau progress dari Surat Rancangan Peraturan, terdapat fitur videografis dan infografis mengenai peraturan yang telah ditetapkan agar masyarakat bisa memahami peraturan tersebut dengan mudah. Mereka juga menggunakan layanan Google Analytics dan Tawk.to untuk mengetahui statistik pengunjung website JDIH Kemenko Marves, dan strategi-strategi lainnya dalam mengelola JDIH Kemenko Marves,” jelas Salman.

Tim JDIH DPRD Kota Bandung begitu antusias dengan paparan dari Tim Pengelola JDIH Kemenko Marves. Bahkan banyak mengajukan pertanyaan mendalam mengenai inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh JDIH Kemenko Marves pada sesi tanya jawab.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Kepala Biro Hukum Kemenko Marves, Budi Purwanto, S.H., M.H., yang telah menyempatkan hadir di tengah-tengah kesibukannya, secara virtual di pertemuan ini. Kami berharap bisa melakukan yang terbaik ke depannya bagi JDIH DPRD Kota Bandung. Semoga JDIH Kemenko Marves juga bisa semakin maju dan menginspirasi,” pungkas Salman.(Trina Aghnia)*


BAGIKAN

BERI KOMENTAR