Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bandung

Pencarian Produk Hukum
Kategori:
Tahun:
Nomor:
Subjek/Tentang:
Status Akhir:
Beranda Berita

JDIH DPRD Kota Bandung Terbaik 1 Nasional Kategori Sekretariat DPRD Kota

Nuzon/Humpro DPRD Kota Bandung
Sekretaris DPRD Kota Bandung HM. Salman Fauzi, SIP, MSi menerima Plakat dan Piala JDIHN dari Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly setelah dinobatkan sebagai Pengelola JDIH Terbaik 1 Nasional Kategori Setwan DPRD Kota.*

JDIHDPRD-Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung berhasil menyabet predikat Terbaik 1 Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) tingkat nasional kategori Sekretariat DPRD Kota.  

Prestasi membanggakan tersebut diraih dalam Pertemuan Nasional Pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional dan Legal Development Content Creator Awards Tahun 2023 dengan tema “Membangun Hukum Nasional sebagai Perekat dan Pemersati Bangsa Melalui Transformasi Digital” di Aston Kartika Grogol Hotel & Conference Center Jakarta, Kamis, 12 Oktober 2023.

Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly menyerahkan langsung plakat dan Piala JDIHN Award kepada Sekretaris DPRD Kota Bandung HM Salman Fauzi, SIP, MSi yang mewakili pimpinan DPRD Kota Bandung.

“Alhamdulillah, kinerja Tim Pengelola JDIH DPRD Kota Bandung mendapat apresiasi dari Kementerian Hukum dan HAM dengan meraih predikat terbaik 1 nasional,” ujar Salman.

Menurut Salman, sejak awal pembentukan JDIH DPRD Kota Bandung didedikasikan sebagai pelayanan fasilitasi informasi untuk warga Kota Bandung. “Kami ingin agar warga Kota Bandung bisa memperoleh informasi mengenai peraturan-peraturan khususnya yang ada di Kota Bandung secara mudah,” ujarnya.

Hal tersebut dapat dipenuhi secara mudah dengan adanya JDIH yang sudah terintegrasi secara nasional. “Keberadaan JDIH itu sangat bermanfaat baik bagi masyarakat bahkan juga untuk Anggota DPRD Kota Bandung sendiri,” jelasnya.

Bagi masyarakat, jelas dengan adanya JDIH warga akan sangat mudah bila membutuhkan informasi mengenai peraturan-peraturan yang ada dan bahkan pernah ada di Kota Bandung. “Sedangkan bagi Anggota DPRD Kota Bandung sendiri, selain sebagai bukti otentik kinerja DPRD Kota Bandung juga sebagai dokumentasi informasi hukum bila diperlukan secara mendadak,” ujarnya.

Menurut Salman, apresiasi terhadap kinerja tim pengelola JDIH DPRD Kota Bandung adalah bonus. “Tapi kami bekerja bukan untuk mengejar predikat itu tapi untuk mempermudah warga Kota Bandung mendapatkan informasi hukum secara mudah,” ujarnya.

Prestasi JDIH DPRD Kota Bandung yang meraih predikat terbaik 1 nasional menggenapkan prestasi sebelumnya sebagai pengelola JDIH terbaik 1 tingkat Provinsi Jabar.    

"Keberhasilan ini berkat dukungan, bimbingan dan arahan pimpinan DPRD dan Pemkot Bandung, juga Biro Hukum Pemprov Jawa Barat, dan BPHN Kemenkumham, serta tentu saja kerja keras dan kerja cerdas Tim JDIH DPRD Kota Bandung.


Syukuran unik

Sebagai rasa syukur atas raihan Predikat Terbaik 1 Tingkat Nasional pengelola JDIH, jajaran Sekretariat DPRD Kota Bandung berencana mengadakan syukuran dengan cara unik yakni menanam pohon Tabebuya di lingkungan Kantor DPRD Kota Bandung.

“Ini bentuk syukuran kami dengan menanam pohon Tabebuya yang disumbangkan para kepala bagian dan kepala sub bagian sebagai bentuk kegembiraan atas raihan prestasi JDIH ini,” ujarnya.

Rencananya, penanaman pohon Tabebuya akan dilakukan sepekan setelah acara JDIH Award. “Kebetulan secara musim kan sekarang tampaknya akan mulai musim hujan, jadi mdah-mudahan pohon akan tumbuh dengan bagus,” ujarnya.*


BAGIKAN

BERI KOMENTAR